Hack Sound Card Onboard untuk Music Recording

Siapa bilang sound card onboard komputer / Laptop semuanya berkualitas buruk dalam hal recording….  Dengan sedikit pengaturan bawaan dalam audio windows semua itu bisa diatasi dengan mudah serta hasil kualitas audio maksimal menyerupai sound card exsternal mahal yang harganya kisaran 2 juta keatas.
Hal ini sudah saya uji coba sendiri dengan membandingkan kedua sound card exsternal saya yaitu Line 6 UX2 dan M-Audio Delta 1010LT, dari hasil uji coba tersebut ternyata memang sound card onboard tidak mau kalah dengan kedua sound card tersebut.

Berikut ini setingan yang harus dirubah pada windows :

  1. Rubahlah pengaturan Speaker dan Mic/Line In yang digunakan device audio recording menjadi 24bit , 192000Hz, seperti pada gambar diatas. 
  2. Untuk chanel Inputnya lebih baik tambahkan perangkat Pream Mic atau Perangkat Mixer. Hal ini berguna untuk mengontrol level gain, nada low, high, mid yang tepat sebelum masuk ke line input computer. Hal ini bertujuan untuk meminimalizir suara cacat seperti noise dan sebagainya. 
  3. Setelah semuanya beres sekarang tinggal dicoba monitor di software recording dan selamat mencoba…… 

Pengalaman ini saya dapat ketika kedua sound card recording saya rusak dan hari esok ada jadwal orang rekaman distudio kami, jadi sambil menunggu kedatangan sound card baru yang baru dipesan itu, tentunya kami harus memutar otak untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih bagus dari sebuah sound card onboard tersebut.

Semoga bermanfaat.

*Info dan pertanyaan tentang hal ini, silahkan berkomentar dikolom komentar facebook dibawah ini. Terimakasih*

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama