Solusi Mic Exsternal Jack Audio Laptop 1(satu) Lubang

Tidak Semua Laptop Bisa diberi Mic Exsternal atau Input Audio dari luar. Hanya laptop yang memiliki dua jack lubang yang bisa melakukan itu semua. Namun Bagi yang kebetulan memiliki Laptop dengan jack audio hanya 1buah. Berikut ini solusinya ; Sebelum ketahap tutorial pembuatan, tahapan ini juga pentig. Laptop yang memiliki jack audio yang hanya 1lubang memang jarang tetapi hal ini ada baiknya juga, sebab menurut saya sendiri jenis laptop ini mempunyai keunikan pada system souncard internalnya, yaitu pada Bit Sampel Rate antara Playback Device dan Recording Devicenya tidak sama atau berbeda dari biasanya. Dari riset yang saya dapat, Sampel Rate Recording Device hanya diberi kemampuan maksimal : 16bit, 192000 Hz sedangkan di Playback Device sudah : 24bit, 192000 Hz. Mungkin hal inilah yang membuat produsen laptop tersebut membuat jack audio hanya 1lubang, supaya digunakan untuk kinerja ringan. Jadi bagi anda yang mungkin mau menggunakan laptop sebagai Recording Audio saya tidak menganjurkan cara ini. Sebab sudah saya coba untuk menjalankan Software recording Cubase dan Neundo terdengar pecah pada suara audionya saat digunakan untuk monitor audio realtime.
Berikut ini cara membuat Jack audio laptop 1lubang menjadi 2lubang :
  1. Sediakan jack female 3,5mm 2biji. Untuk dijadikan lubang input dan output audio.
  2. Sediakan jack male 3,5mm yang berjenis 3gelang. Bisanya jenis jack ini sering dipakai di ponsel Nokia dan hampir tidak ada toko elektronik yang  menjual jack male 3,5mm berjenis 3gelang Sebab ini jack khusus audio digital analog. Sediakan 1saja sudah cukup.
  3. Rakit dan sambung kabel seperti keterangan gambar diatas. Dalam tahap penyambungan disarankan menggunakan solder dan harus matang pada solderannya. Karena pada bagian ini nanti akan sering tertarik-tarik ketika hendak mencopot jack.
  4. Bila ada yang tidak jelas  atau kurang mengerti dari sebuah gambar diatas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar dibawah ini.
  5. Setelah selesai, Bungkus kuat dan rapi pada setiap sambungan.
Memakai laptop untuk keperluan mendengarkan music sudah biasa bagi kita semua, Namun Memakai laptop untuk keperluan Karaoke, Bermain Gitar atau Recording. Pasti hal ini tidak biasa bagi semua orang, Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai kemampuan exspert dibidangnya. Salam semangat dan terus berkarya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama